Selasa, 20 Desember 2011

Astigmatisme

Astigmatisme atau yang sering di sebut dengan. Astigmat adalah suatu keadaan dimana fokus mata tidak pada satu titik sehingga bayangan diteruskan ke mata dan jatuh bayanganya tidak meyatu baik itu dibelakang retina, didepan retina ataupun tepat di retina. Adapun penyebabnya adalah terdapatnya variasi kurvatur atau kelengkungan kornea yang berbeda dan mengakibatkan sinar tidak focus pada satu titik.
Gejala Astigmat pada umumnya ialah mata lelah terutama pada saat mengerjakan yang membutuhkan ketelitian tinggi pada jarak fiksasi, dan sering mengeluhkan sakit kepala pada bagian frontal.Kemudian adapula yang secara tidak sadar memiringkan kepala atau juga menyipitkan mata dan memegang bacaan pada jarak yang dekat seperti penderita Myopia. Adapula yang merasa melihat benda bulat menjadi agak lonjong sehingga benda yang dilihatnya berubah dari bentuk aslinya.
Untuk mengatasi kelainan Astigmat biasanya penderita akan dikoreksi dengan lensa Cylinder agar agar bayangan yang masuk melalui mata dapat meyatu dan jatuh di retina sehingga penderita dapat bekerja dengan optimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar